Tips Memilih Nama Domain

Memilih nama domain untuk blog/website bukanlah asal main comot saja, perlu pertimbangan detail untuk memilihnya. karena akan mempengaruhi traffic ke blog kita nanti.
Saya punya tips untuk memilih nama domain baik domain untuk website perusahaan, blog bisnis atau blog personal. Ini tipsnya;
1. Pilih Nama Domain yang Singkat.
Memilih nama domain yang singkat berguna untuk mudah mengingatnya, jangan terlalu berbelit-belit sehngga susah mengingatnya. Pronunciation dari websitenya juga jangan terlalu ribet, agar lebih gampang diingat, di eja dan di cari oleh pencari di SE, ini adalah alasan dasar untuk memilih nama domain.
2. Pilih Nama domain yang Spesific dan identik.
Spesifik dan identik maksudnya kalau memilih nama domain untuk perusahaan gunakanlah nama perusahaan tersebut atau yang berkaitan dengan produk perusahaan tersebut. Kalau blog personal gunakan lah nama kamu untuk nama domain atau bisa disiasati dengan nama sebutan atau nama yang familiar kamu.
Khusus untuk blog atau website bisnis, ini tips penting;
Kalau kamu ingin membuat blog/website untuk bisnis internet dengan Google Adsense pakailah keyword yang mahal untuk nama domain blog bisnis kamu. Keyword mahal itu maksudnya bisa dilihat di Google Adwords contoh keyword yang mahal di yang mempunyai CPC (Cost Per Click) antara 5 USD samapai 34 USD CPC nya, Lumayankan?? Seperti keyword; Insurance, Forex dan Loan Education, silahkan cek di google Adwords, ini keyword yang mahal.  Manfaatnya adalah jika kita memakai nama domain dengan keyword yang mahal nanti setelah blog itu jadi google akan menempatkan Adsense yang mahal juga CPC nya di blog kita tersebut, yang pastinya kontennya juga tidak jauh-jauh dari nama domain tersebut.
Kalau mau lebih spesifik, ketik keyword yang mau dibuat nama domain tadi di Google Trends, dan lihat trendnya dimana, kalau trendnya di Amerika, silahkan beli domain berekstensi  “us” atau “uk” untuk blog  kalau Inggris, Misalnya Online dating Trendnya di Amerika so saya beli Domain berkekstensi “us” http://www-americansingles.us/dan bahasanya juga Inggris. Nah begono..tertarik membuat blog komersil?? Nah pakai keyword yang mahal untuk domain dan kontennya. O iya.. satu lagi kamu juga harus lihat kompetitor kamu dengan nama domain dan keyword tersebut, silahkan cari nama domain/keyword tersebut di Goolge.com, dan coba pula memakai tanda petik-keyword-tutup petik untuk melihat pesaing kamu. Untuk memudahkan penetrasi pasar pastinya.
3. Mensiasati Nama Domain.
Nah ini penting juga, Kalau nama domain yang kita inginkan sudah terpakai, untuk mengecek domain yang sudah dipake atau belum lihat disini http://whois.domaintools.com/namadomain.com, aturan dalam memilih domain: Nama Domain hanya boleh menggunakan huruf dan angka, karakter lain yang di perbolehkan adalah tanda “-” (baca: strip atau dash), tetapi karakter “-” tidak diperbolehkan berada di awal dan akhir sebuah nama domain. Misalnya http://mobiles-iphone.com/. Spasi dan karakter lain tidak diperbolehkan. Untuk nama domain, maksimun karakter yang diperbolehkan adalah sebanyak 63 karakter, tidak termasuk extensi domain (.com/.net/.org/.info dll). Nama domain biasanya menggunakan huruf kecil semua, walaupun ketika di ketik menggunakan huruf besar/kapital pada browser juga bisa.
Pilihan extensi utama ketika kamu memilih domain adalah .com karena lebih populer ketimbang extensi lainnya. Selajutnya apabila sudah terpakai, pilih .net, .org, .info, .biz dan lainnya.
Sudah ada di benak mau buat blog or website dengan nama domain baru dan unik, Kalau mau gratis pakai nama domain co.cc Ajah…Semoga bermanfaat.
Belum punya Blog, Hari gini?? Pakai aja Blogspot, atau Worpress dengan domain gratis. Source Imuzcorner.

0 comments

Post a Comment

Masukkan Email Disini

CoolBiz™

Delivered by FeedBurner